Kekuatan Karakter
Monday, February 16, 2009




.............................................................................................................................

....................................................................................................................................................................
Karakter adalah kualitas dari kehidupan, kualitas dari kehidupan bukan berarti seseorang harus sukses, kaya, pintar atau mempunyai status yang baik. Tetapi kualitas kehidupan di dasari oleh karakter yang kuat. Karena karakter digunakan sebagai dasar atau prioritas dalam kehidupan.

Seseorang tidak akan mempunyai sesuatu yang dibanggakan, tetapi jika ia menempatkan karakter sebagai dasar, maka kita dapat mengatakan kehiduan akan jauh lebih bersinar daripada individu lain yang melakukan hal sebaliknya.

Karakter seseorang akan terlihat ketika dia berada dalam situasi:
1. Tertekan
2. Tertantang
3. Berhadapan dengan masalah
4. Kesulitan

Di dunia kita sekarang ini, hal yang paling diperlukan adalah pemimpin yang berkualitas tinggi yang membangun karier dan hidupnya berdasarkan wataknya.

Salah datu yang saya suka adalah Margaret Thatcher, benar-benar merupakan salah satu pemimpin paling luar biasa dalam 100 tahun terakhir. Dia adalah anak berkemauan keras dari seorang penjaga toko yang juga berkemauan keras, yang mengajarkan pada anaknya beberapa pelajaran penting dalam hidup, yaitu ”kerja keras, takut kepada Tuhan dan buatlah dirimu berarti untuk sekelilingmu”

Ketika Thatcher menjabat sebagai perdana menteri Britania Raya, dia mengikuti aturan yang sebaiknya diikuti oleh tiap ibu rumah tangga yang bijak, yakni ”bahwa hendaknya jika kita belanja harus dengan teliti, tidak menunda pembayaran tagihan, dan jika harus meminjam kita harus melunasinya dengan segera dan juga mempersiapkan untuk hal-hal yang tak terduga”.

Thatcher adalah salah seorang pemimpin yang berpendirian tegas, yang selalu membuktikan janji-janjinya. Ketika dia sudah memutuskan sesuatu dan yakin bahwa itu adalah yang terbaik, tidak akan ada yang mampu membuatnya mengubah keputusan. Hal ini menggaris bawahi sifatnya yang lain yaitu keberanian. Thatcher berkeyakinan bahwa keberanian dan tujuan yang baik akan membawa berkah.

Hari ini, ketika setiap orang memiliki kebebasannya sendiri dan bertanggung jawab terhadap kealpaannya sendiri, dia percaya bahwa kita harus meletakkan tanggung jawab diatas kebebasan atau pada akhirnya, kita akan kehilangan kebebasan itu.
posted by Embun Pagi @ 9:41 PM

11 Comments:

  • At February 16, 2009 10:18 PM , Anonymous Anonymous said...

    Bagi orang-orang yang "kurang berkarakter" kadang dibutuhkan cambuk untuk melecutnya, supaya dia terbangun dari mimpi-mimpinya dan segera "do something!!'

    ”kerja keras, TAKUT KEPADA TUHAN dan buatlah dirimu BERARTI untuk sekelilingmu”
    (Excellent advise...)

     
  • At February 17, 2009 12:01 AM , Anonymous Anonymous said...

    aku tidak mengerti apakah hidupku sdh berkarakter.. namun yang aku pahami hidup haruslah dijalani dengan segenap komponen yang mendukung kearah yang baik..

    Dimanapun akan terasa bernyawa ketika komponen itu sanggup mengatasi segala tantangan ..

    insyaallah..

     
  • At February 17, 2009 9:20 AM , Blogger Abu Hasna said...

    Bener mbak, dan karakterlah yg menjadi sasaran penilaian Allah terhadap hamba-Nya, bahkan lebih jauh lagi, pertolongan Allah tuh ada bersama karakter. Coba liat deh, dalam Al-Qur'an banyak dinyatakan seperti itu. Innallaha ma'ashabirin, innallaha ma'al muttaqiin, dlsb.

    Wallahu a'lam.

     
  • At February 17, 2009 6:34 PM , Anonymous Anonymous said...

    Karakter adalah respon ketika seseorang sedang diatas, atau ditinggikan. Apakah sesorang itu akan putus asa, sombong atau lupa diri.

    Bentuk respon itulah yang di sebut karakter..

    Good artikel Tyas..

     
  • At February 17, 2009 6:52 PM , Anonymous Anonymous said...

    Membangun kekuatan karakter itu memerlukan disiplin tinggi karena tidak pernah mudah dan seketika atau instant.

    Makna penting sebuah karakter dan proses pembentukkannya yang tidak pernah mudah melahirkan manusia-manusia yang tidak bisa dibeli.Pendidikan dan pembelajaran termasuk pengajaran institusi formal dan pelatihan nonformal seharusnya menjadi acuan dalam membangun manusia-manusia berkarakter (terpuji), manusia-manusia yang memperjuangkan dirinya dan orang-orang yang dapat dipengaruhinya agar menjadi lebih manusiawi, menjadi manusia yang utuh atau memiliki integritas.

    Keep smile yach.. miss u

     
  • At February 17, 2009 7:46 PM , Anonymous Anonymous said...

    ngga heran ya..Margaret Thacther dijuluki..Kupu-kupu besi..

    nice posting mbak..

     
  • At February 17, 2009 8:07 PM , Anonymous Anonymous said...

    banyak kata2 yg memotivasi "...keberanian dan tujuan yang baik akan membawa berkah..."

    nice posting :)

     
  • At February 18, 2009 10:13 AM , Blogger Miss G said...

    Saya suka Margaret Thatcher, dia sangat tegas dan lugas dalam mengambil keputusan bahkan di saat-saat yg kritis sekalipun. Kalo bagi saya, dia menghapuskan mitos bhw (semua) perempuan gampang panik saat underpressure.

     
  • At February 18, 2009 3:19 PM , Anonymous Anonymous said...

    mbak embun termasuk di dalam golongan ini atau tidak?

     
  • At February 18, 2009 7:38 PM , Anonymous Anonymous said...

    @Mas Nuga bener..utk membangun karakter kadang perlu cambuk utk memotivasi diri..

    @Mbak Amalia, sip untuk menghadapi tantangan hidup memang sangat diperlukan komponen2 positif sebgai pendukung..insya Allah kita semua bisa..

    @atenk, thanks ya..semoga apa yang kita lakukan diridhoi oleh Allah
    SWT. Amin..

    @Mas Joe thanks, semoga kita dijauhkan dari rasa sombong dan bukan menjadi orang yang lupa diri serta putus asa.. karena itu hal yang dibenci Allah...

    @Retno, hihi..membangun karakter perlu disiplin yang tinggi karena untuk membentuk karakter memang perlu proses, tapi aku suka prihatin generasi skrg untuk meraih sesuatu pengennya instant.. thanks ya...

    @Mas Budiawan Hutasoit, benar sekali Hal Kekerasan hati dan disiplin Margaret Thatcher ketika ia memulai menjadi PM, Thatcher dikenal sangat terbuka dan tanggap. Ia mampu membentuk Komisi Pengawasan Kendali Mutu yang beranggotakan orang-orang swasta untuk mengawasi dan memberi masukan terhadap kinerja kepemerintahannya.

    Hal2 itulah sehingga Thatcher dijuluki si "kupu-kupu besi"

    @Rumah Islami.. thanks partisipasinya, semoga tulisan2 saya juga membawa berkah bagi kita semua.. amin..

    @Mbak -G- benar banget mbak.. perempuan gampang panik... termasuk saya, tapi mudah2an dgn belajar dari tulisan ini Kita bisa mencontoh sikap tegasnya Thatcher...Thanks banget..

    @Mas Prihandoko, saya termasuk golongan ini kalau urusan kantor dan pekerjaan, hehehe.

     
  • At February 18, 2009 9:13 PM , Blogger reni said...

    Itulah mengapa Margaret Thatcher sangat menonjol karena ternyata dia punya karakter yg sgt kuat ya. Informatif sekali postingannya. Salam.

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 
My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia
Previous Posts